Apakah Anda mengetahui awal mula sebuah pemberontakan itu muncul?
Pemberontakan muncul itu bisa karena memang muncul sendiri atau bahkan dimunculkan. Sebuah agenda besar yang bisa memporak porandakan sebuah tatanan. Untuk disusun kembali atau diacak sesuai puzzle yang direncanakan.

Begitulah kiranya yang menjadikan analisis sosial, pembacaan situasi itu menjadi penting. Mengukur diri atas sebuah kejadian, melihat kondisi apakah dipermainkan.

Kiranya demikian pula pemerintah juga menerapkan dalam menelurkan sebuah kebijakan, atau mengacak masyarakat untuk dipecah-pecah masyarakatnya agar tiada sebuah persatuan.

Berat memang kehidupan ini. Tetapi kita memang dituntut harus siap dengan berbagai kondisi kehidupan. Ada yang tidak sesuai harapan lalu putus asa, ada yang sesuai harapan sehingga kadang bikin kita terlena.

Ini sebuah opini bukan sifatnya ilmiah. Ditelurkan atas pembacaan diri disandingkan dengan pembacaan situasi. Memantau permainan negara hingga pengaruh psikis pribadi.

Saya adalah manusia berjenis kelamin perempuan. Hidup dan tumbuh dari lingkungan yang masih cukup kental dengan budaya patriarkhi.

Bukan sekental zamannya Kartini. Tidak sepekat jaman hidupnya Nawal El Sadawi. Melainkan, saya hidup di zaman pra melenial. Anak abad ke 20 an. Di mana patriarkhi tumbuh dalam alam pikiran.

Saya hidup di peradaban manusia dihargai atas apa yang dia lakukan. Dikerjakan. Wujudnya kongkrit. Sumbangsih apa yang diterapkan dalam ruang dan bidangnya masing".

Comments