Adil pada Diri Sendiri

Sebagaimana manusia kebanyakan dalam hal cara berfikir pada umumnya, sudah saatnya memberi hak yang adil pada diri sendiri. Hak cara pandang untuk beri istirahat yang cukup, dan hak memperoleh kesenangan -walaupun hanya sekali dua kali dalam sebulan- untuk berekreasi.

Saya sudah lelah untuk terus membanding-bandingkan diri saya dengan rival saya dalam hal kepenulisan maupun keuletan dalam bekerja. Sudah saatnya saya melihat diri saya sebagai saya sendiri. Diri yang memiliki style dan cara sendiri dalam menjalankan hidup.

Setidaknya sebagai skala perbandingan hidup, saya bisa membandingkan hidup saya dengan keadaan saya pribadi beberapa bulan yang lalu, atau beberapa tahun yang lalu.

Saya tidak ingin merisaukan kembali persoalan hati dan permainan perasaan. Kalau ditanya orang, setidaknya saya sudah berani jujur untuk berkata tidak ingin berhubungan dengan siapapun.

Mengenai keuletan, saya punya cara sendiri untuk meninjang kinerjaku. Walau bukan di pers lagi. Setidaknya budaya membaca dan berkarya -InsyaAllah- sudah tertanam.

Moeda harus punya target dan selera !

Jogja, 18/12/2018

Comments